Inovasi Walang Kesehatan Merupakan Salah Satu Inovasi Pelayanan Public di Bidang Kesehatan.

/ Berita / Inovasi Walang Kesehatan Merupakan Salah Satu Inovasi Pelayanan Public di Bidang Kesehatan.

2021, 01 Sep / Posted By Humas

Kesehatan merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Capaian Indeks keluarga Sehat  (IKS) di Provinsi Maluku  masih sangat rendah yaitu 0,12  yang berada pada range keluarga Tidak Sehat, termasuk masalah multifactorial yang membutuhkan peran serta masyarakat  untuk terlibat  dalam  mengatasi permasalahan kesehatan guna meningkatkan status Kesehatan Keluarga.

Berangkat dari harapan di atas, maka Dinas Kesehatan Provinsi Maluku menggagas program inovasi dengan kearifan lokal Maluku yaitu pembentukan  “ WALANG KESEHATAN” diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam bidang Kesehatan. , walang yang berarti rumah kebun  tempat istirahat, berkumpul, berdiskusi dan membuat gagasan berbagai pihak untuk mengatasi berbagai permasalahan,  dengan  memanfaatkan fungsi walang tersebut,persoalan Kesehatan dibahas  dengan masyarakat, memanfaatkan nilai-nilai budaya  dan sosial yang timbul di masyarakat, ditempat yang sederhana,  dengan pembicara dan pembahas utama adalah masyarakat  dan tenaga Kesehatan sebagai pengarah, dalam penyampaian informasi maupun  pemecahan masalah  kesehatan yang dilakukan dalam bentuk diskusi, dan musyawarah  untuk mencapai  mufakat, menetapkan kegiatan dan  dilaksanakan  secara gotong royong dan swadaya masyarakat, Dengan adanya dukungan dan keterlibatan Stakeholder di tingkat desa permasalahan Kesehatan dapat diatasi bersama-bersama dengan tenaga Kesehatan. Keluarga dan masyarakat dapat memahami persoalan sendiri sehingga  tercipta kemandirian masyarakat untuk berperilaku hidup sehat,  ini sangat  berdampak dalam pencapaian keluarga sehat

Walang  Kesehatan telah terapkan  di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual sejak tahun 2018, pilot projek pada desa Watsin dan Desa Tamidan.

Keberadaan Walang Kesehatan diharapkan dapat mendorong kemandirian masyarakat guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan dan peran serta dalam mengatasi permasalahan kesehatan seperti,  masih tingginya penyakit yang diakibatkan gangguan gizi, Penyakit Tidak Menular, dan Penyakit Menular.Untuk itu dibutuhkan pendekatan strategis  yaitu dengan meningkatkan upaya Preventif dan Promotive, dan pemberdayaan masyarakat dengan kearifan lokal di Provinsi Maluku. WALANG KESEHATAN menempatkan masyarakat sebagai pelaku,  sebagai agent of changes  dan sebagai mitra tenaga kesehatan dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. (Yankes_Primer).