Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya Peningkatan Kualitas Hidup Sehat Masyarakat Maluku, Didukung Optimalisasi Manajemen Kesehatan Berbasis Gugus Pulau

Visi di atas mengandung 2 (dua) konsep kunci yang sangat penting, yaitu (1) kualitas hidup sehat masyarakat Maluku; dan (2) optimalisasi manajemen kesehatan berbasis Gugus Pulau. Dibandingkan dengan Visi terdahulu, sebetulnya Visi yang baru ini merupakan pengembangan atau peningkatan, sebab pada dasarnya Visi sebelumnya juga melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, yang membedakan Visi sekarang dengan yang lalu terletak pada konsep KUALITAS dan OPTIMALISASI.

Misi

Mengacu pada Visi di atas, maka Misi DinKes adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kapasitas manajerial kelembagaan hingga ke aras desa dalam rangka memperkuat upaya pengelolaan kesehatan berbasis Gugus Pulau.
  2. Mengembangkan sarana dan prasarana kesehatan yang semakin memberi ruang dan peluang memadai bagi aksesibilitas masyarakat sebagai pencerminan tata kelola kesehatan berbasis Gugus Pulau yang efektif dan efisien, adil, merata, terjangkau dan berkualitas.
  3. Mempersiapkan sumberdaya aparatur pelayan kesehatan yang profesional, responsif dan antisipatif dalam rangka meningkatkan kapasitas untuk mengedepankan upaya kesehatan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
  4. Mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang pro-aktif terhadap upaya meningkatkan derajat kesehatan diri dan lingkungan.