Profil

Pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Dalam konstitusi organisasi kesehatan dunia yang bernaung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), disebutkan bahwa salah satu hak asasi manusia adalah memperoleh manfaat, mendapatkan dan atau merasakan derajat kesehatan setinggi-tingginya.’’

Untuk mendukung keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan tersebut, salah satunya dibutuhkan adanya ketersediaan data dan informasi yang akurat bagi proses pengambilan keputusan dan perencanaan program. Selain itu,Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan Pasal 17 Ayat 1 menyebutkan bahwa pemerintah bertanggungjawab atas ketersediaan akses terhadap informasi, edukasi dan fasilitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Pada Pasal 168 juga disebutkan bahwa untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang efektif dan efisien diperlukan informasi kesehatan yang dilakukan melalui sistem informasi serta kerjasama lintas sektor, dengan ketentuan lebih lanjut diatur dengan Peraturan Pemerintah. Sedangkan pada pasal 169 disebutkan bahwa pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh akses terhadap informasi kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat.

Provinsi Maluku merupakan satu dari daerah kepulauan yang ada di Indonesa yang terdiri dari 9 Kabupaten dan 2 Kota serta 1.340 pulau. Luas wilayah Provinsi Maluku adalah 712.479,65 km2 yang terdiri dari luas lautan 658.294,69 km2 (92,4%) dan luas daratan 54.185 km2 (7,6%). Dengan panjang garis pantai 10.662 km2. Ada 3 Kabupaten di Provinsi Maluku yang termasuk Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTPK) yaitu Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat dan Kepulauan Aru sedangkan yang termasuk Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK) ada 7 Kabupaten yaitu Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru, Buru Selatan, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara Barat dan Kepulauan Aru. Sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka Dinas Kesehatan Provinsi Maluku memiliki beberapa program prioritas antara lain kesehatan ibu dan anak, penanggulangan penyakit menular, pelayanan kesehatan masyrakat miskin, pendayagunaan tenaga kesehatan serta sarana prasarana yang memudahkan jangkauan pelayanan bagi masyarakat teruta di daarah DTPK (Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan)