Berita

Bimbingan Teknis Program PPTM

Posted at June 26, 2017 » By : » Categories : Berita » 0 Comment

1Dok_Keg_PPTM_&_KESWADinas Kesehatan Provinsi Maluku menyelenggarakan pertemuan Bimbingan Teknis program PPTM bagi Dinas Kesehatan Kab/Kota se- Provinsi Maluku pada tgl 13-15 Maret 2017 bertempat di Hotel Marina, Ambon. Kegiatan Bimtek PPTM dihadiri oleh kepala bidang/kepala seksi yang membidangi Penyakit tidak menular dari dinas kesehatan kabupaten/kota dan lintas program dari dinas kesehatan provinsi Maluku, total peserta  berjumlah 14  orang.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan pelaksanaan kegiatan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Kab/Kota serta Mengevaluasi hasil-hasil kegiatan program PPTM di Kab/Kota serta pencapaian target sampai dengan triwulan IV 2016. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Ritha Tahitu, M.Kes. Dalam sambutannya, Kepala Bidang P2P menekankan terkait indikator-indikator program PPTM yang harus dicapai dan diimplementasikan termasuk Pembentukan Posbindu PTM dan Pencanangan PKM-PTM sebagai Puskesmas PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga).

Di akhir sambutan, beliau menghimbau agar Pengelola PPTM Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku semakin giat dan2Dok_Keg_PPTM_&_KESWA semangat dalam mengelola Program PPTM. Sebagai narasumber dari Dirjen P2P Kemenkes RI, dr. H. Zamhir Setiawan, M.Epid, Kasubdit Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah,  menyampaikan Materi terkait program-program PPTM yaitu: Kebijakan pengendalian penyakit tidak menular, Sistem Informasi dan Manajemen Penyakit Tidak Menular, Pelayanan penyakit tidak menular di fasyankes kesehatan tingkat pertama, Pengembangan jejaring dan Kemitraan PPTM, Surveilans PTM berbasis FKTP dan Pelaksanaan Posbindu. Kegiatan juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan dan Senam Cerdik oleh peserta kegiatan.

3Dok_Keg_PPTM_&_KESWAAdapun Kesepakatan dari pertemuan Bimtek PPTM Kab/kota yaitu terkait : Pembentukan Posbindu PTM dan Pencanangan PKM-PTM sebagai Puskesmas  PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga), Mendukung kegiatan Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas pengelola Program PTM, Pelatihan Petugas PKM dalam Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Serviks, Sosilisasi dan Implementasi  KTR, Sosialisasi pembetukan Posbindu PTM, Peningkatan surveilans PPTM, Pelatihan kader Posbindu PTM, Pelatihan Upaya UBM, serta Mendukung kegiatan GERMAS dengan melakukan upaya – upaya PTM (cek Kesehatan, aktifitas fisik dan makan sayur buah) dan turut Membentuk forum GERMAS dan melaksanakan kampanye GERMAS. (Kontributor: Ira-Ptm)

About Admin_Promkes01

Administratorrr ......

Leave a Comment