Berita

Mewujudkan TP UKS yang Bermutu untuk Peserta Didik Sehat

Posted at June 13, 2017 » By : » Categories : Berita » 2 Comments

Ambon –  Dalam rangka meningkatkan kemampuan Tim Pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di 11 Kabupaten/ Kota dan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan peserta didik, maka Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dalam hal ini Seksi Kesga-Gizi menyelenggarakan Orientasi Tim Pembina UKS untuk Puskesmas dan Sekolah, pada tanggal 18-20 Mei 2017.1Dok_Keg_TP_UKS

Kegiatan ini merupakan kegiatan lintas sektor yang diikuti penanggung jawab UKS Dinas Kesehatan Kab/ Kota, pengelola program UKS dari Puskesmas yang ditunjuk, guru Pembina UKS dari Sekolah Dasar, serta dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab/ Kota yang membidangi UKS. Total peserta yang hadir adalah 41 orang dari 11 Kabupaten/Kota.

Dengan menghadirkan beberapa narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, diharapkan dapat memberikan wacana segar kepada para peserta.

Dalam paparannya terkait Pengembangan Sekolah Dasar Rujukan, Dahlan Sollissa, S.Sos.Msi mengungkapkan bahwa sekolah dasar rujukan merupakan benchmark dalam meningkatkan peningkatan mutu sekolah dasar di kabupaten/ kota. Begitupun dengan UKS sebagai salah satu keterkaitan indicator sekolah dasar rujukan dalam hal implementasi kegiatan pendukungnya.

Selain itu, Kabid Kesmas Dinkes Promal, dr. Rosdiana Perau, MKes mengungkapkan bahwa diperlukan Literasi Sekolah menyangkut  kesehatan dengan memanfaatkan 15 menit dalam seminggu untuk meningkatkan minat membaca anak tentang hidup sehat.

2Dok_Keg_TP_UKSDalam kegiatan tersebut, juga hadir Kasubdit Ausrem, dr. Christina Manurung, MKM, beliau menegaskan pentingnya penggunaan Buku Rapor Kesehatanku bagi semua peserta didik dalam memantau kondisi kesehatan. Selain itu pentingnya kesehatan lingkungan, sadar hidup sehat dan program perbaikan gizi anak sekolah juga menjadi bagian yang harus diperhatikan oleh TP UKS.

Keberadaan narasumber lainnya memberikan penyegaran tentang pembiasaan gizi seimbang, PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat), Pelayanan Kesehatan di sekolah, serta pencatatan dan pelaporan.

Semua bersinergi dengan sangat baik, sehingga tercetuslah kesepakatan  yaitu pembentukan TP UKS di masing-masing kabupaten/kota pada bulan Juli 2017, setiap kabupaten kota berkewajiban dalam memantau ketersediaan buku rapor kesehatanku.

About Admin_Promkes01

Administratorrr ......

Comment

  • klinik ginekologi

    July 14, 2017 at 6:40 am

    pelatihan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku untuk UKM ini menurut saya sangat bermanfaat

  • jamal

    July 15, 2017 at 9:20 am

    pasti akan memeberi kesadaran hidup sehat terhadap peserta didik

Leave a Comment